Thu. Oct 22nd, 2020

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentangĀ  banyak hal. Diantaranya seperti persamaan, persamaan lokasi fenomena fisik, keruangan dan juga manusia yang terjadi di muka bumi. Dikutip dari Manjakan, Geografi memiliki 2 aspek yakni aspek fisik yang membahas tentang makhluk hidup dengan wilayah disekitarnya. Kedua adalah aspek sosial yang mempelajari tentang kehidupan manusia.

manjakan.com

Selain memiliki 2 aspek dasar yakni fisik dan sosial, cabang ilmu pengetahuan Geografi juga memiliki konsep. Konsep tersebut menjadi dasar esensial yang paling utama dalam ilmu Geografi. Berikut 6 konsep Geografi menurut Manjakan:

  1. Letak atau lokasi

Lokasi adalah letak suatu tempat yang terdapat keterkaitan pada objek di permukaan bumi. Lokasi dibedakan menjadi dua yakni pertama lokasi absolute atau suatu letak yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Kedua lokasi relatif yakni letak temoat yang didasarkan pada tempat disekitarnya.

  1. Jarak

Jarak dapat diartika sebagai kejauhan suatu tempat dengan tempat lainnya. Penentuan jarak sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari, sepertiĀ  bepengaruh pada kehidupan sosial ekonomi. Jarak juga dibedakan menjadi 2, yaitu jarak mutlak atau jarak sebenarnya yang sifatnya tetap. Kedua adalah jarak relatif atau jarak yang sifatnya beruubah-ubah sesuai kondisi.

  1. Pola

Pola merupakan suatu bentuk, struktur serta persebaran suatu fenomena yang terjadi di seluruh permukaan bumi. Fenomena tersebut meliputi fenomena sosial maupun gejala alam.

  1. Aglomerasi

Konsep aglomerasi merupakan pengelompokan suatu gejala yang terjadi pada permukaan bumi. Gejala-gejala yang terjadi ini tentunya berhubungan dengan segala aktivitas manusia yang menempatinya.

  1. Geomorfologi

Geomorfologi merupakan salah satu cabang ilmu Geografi yang mempelajari tentang bentuk-bentuk permukaan bumi. Seperti dataran tinggi, pegunungan, bukit, lautan dan sebagainya.

  1. Interaksi

Interaksi atau disebut juga dengan interpendensi adalah hubungan saling mempengaruhi antara beberapa hal. Yakni keterkaitan serta ketergantungan suatu tempat dengan tempat lainnya.

Nah itulah beberapa konsep dasar esensial yang digunakan pada cabang ilmu Geografi. Semoga informasi dari Manjakan mengenai definisi konsep tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda serta bisa menjadi sumber referensi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *