Mon. Nov 30th, 2020

Ada janji ada ingkar. Begitulah kehidupan, tidak semua orang yang berjanji akan menepati sesuai dengan ucapannya. Maka dari itulah, Anda sebagai masyarakat yang bersosial harus mengerti tentang surat perjanjian. Surat ini berguna untuk menjamin janji yang telah dibuat oleh orang lain. Anda sendiri juga bisa membuat surat ini untuk meyakinkan kepada orang lain bahwa janji Anda akan tertepati.

www.suratresmi.net

Dalam kehidupan masyarakat, surat perjanjanjian memang sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan. Terlebih lagi dalam perjanjian itu menyangkut keuangan pribadi. Sebenarnya surat perjanjian ini tidak hanya diperuntukan oleh dua orang yang sedang berjanji saja, melainkan bermacam-macam. Contoh surat perjanjian yang sering dibuat adalah ketika seseorang melakukan hal-hal berikut ini:

  • Perjanjian Hutang

Jika Anda meminjamkan uang dengan jumlah besar maka harus membuat surat perjanjian ini. Meskipun dengan teman sendiri, jangan mudah percaya begitu saja dengan peminjaman yang ia minta. Kalau dia berniat akan melunasinya suatu saat nanti, maka ia pun tidak keberatan untuk menandatangani suratnya.

  • Perjanjian Peminjaman Barang

Banyak terdengar kasus peminjaman barang namun tidak terkembalikan sebagaimana semestinya pada perjanjiannya. Dalam poin ini, barang yang biasanya dipinjam adalah BPKB kendaraan.  Yang mana peminjam barang tersebut ingin meminjam uang kepada pihak bank dengan jaminan BPKB. Jika orang itu tidak berhasil mengangsur tagihan bank, maka pemilik BPKB sedang dalam resiko.

Karena bisa jadi kendaraan yang dimiliki disita oleh bank disebabkan gagal bayar oleh pihak peminjam uang atau BPKB. Nah, jika ada orang yang pinjam BPKB motor atau mobil Anda, lebih baik membuat surat perjanjian. Nah, jika Anda masih bingung dalam membuatnya, maka bisa cari contoh surat pejanjian ini di situs https://www.suratresmi.net/.

  • Perjanjian Hutang Piutang Antar Perusahaan

Hutang dan menghutangi tidak hanya dilakukan pada perorangan saja, melainkan suatu badan usaha. Perusahaan besar pastinya harus mengerti mengenai pembuatan surat perjanjian, sebab pastinya tidak sedikit yang membutuhkan bantuan dari perusahaan lain dengan cara berhutang. Yang mana surat ini biasanya dibuat oleh pimpinan perusahaan.

Maka dari itu, Anda tidak boleh mengabaikan pentingnya surat perjanjian ini. Anda bisa membuat tulang pada lidah dengan surat ini untuk tidak mengubah kata-kata janji yang telah disepakati. Sebetulnya tidak hanya tiga contoh itu saja untuk membuat surat perjanjian. Berbagai jenis contoh surat terlengkap bisa Anda temukan dalam website yang telah disebutkan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *