Mon. Nov 30th, 2020

Yang perlu kamu tahu bahwa ada dua jenis sumber daya alam yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan yang bisa diperbarui. Pengertian dari sumber daya alam yang bisa diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis dan dapat diperbaharui sendiri.

insanpelajar.com

Disini akan dijelaskan tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, yang telah memberi banyak manfaat untuk manusia. Jenis sumber daya alam ini sulit dijumpai dan juga bila dipakai terus menerus akan habis dan tidak bisa dipakai kembali.

Lalu apa saja yang tergolong sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan akan habis bila dipakai terus menerus?

Sebab sumber daya alam jenis ini tidak bisa melakukan pembaharuan kembali jika sudah habis karena sumber daya alam ini memiliki jumlah yang terbatas dan bukanlah jenis sumber daya alam yang dijumpai di alam sekitar kita.

Perlu kita tahu bahwa setiap hari kita tanpa sadar membutuhkan sumber daya alam jenis ini. contohnya ketika kita ingin pergi di berbagai tempat, kamu pasti memakai alat transportasi misalnya mobil, motor dan berbagai macam alat transportasi yang lain. Supaya alat transportasi ini bisa digunakan untuk bisa mengantarkan kamu ke tempat tujuan maka akan membutuhkan bahan bakar, seperti bensin, solar dan jenis bahan bakar lain.

Bahan bakar itulah yang berasal dari hasil olahan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu minyak bumi. Minyak bumi ini tercipta dari mikroplankton pada perairan yang mati. Lalu tenggelam dan telah menghendap berada di dasar laut yang kemudian bercampur dengan lumpur yang dinamakan dengan lumpur saropelium.

Hasil pendapat tersebut ditambah dengan berbagai macam bahan dan juga proses lain yang memerlukan waktu sampai jutaan tahun lamanya kemudian diolah dan dijadikan sebagai bahan bakar yang dapat kita gunakan setiap harinya.

Selanjutnya ada logam berupa emas dan intan juga termasuk dari sumber daya alam yang tidak bisa kita perbarui. Emas telah terbentuk dari proses alami yang berada di dalam perut bumi yang saat ini hanya tersisa sebanyak 52 ribu ton saja. Sedangkan logam intan ini telah terbentuk dari unsur karbon yang telah terbentuk alami dengan suhu serta tekanan yang tinggi di mantel bumi. Yang perlu kamu tahu bahwa logam intan merupakan salah satu mineral unik karena merupakan material paling keras di bumi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *